ORI atau KW ?

"Bro, sepatu all star lo itu ORI atau KW?" Tanya Bejo dengan nada sombongnya.

"Oh, sepatu ku ini? Aku gak tau cara ngecek ORI atau KW nya.. Aku beli di pasar kaget malem. Harganya 15 rebu, itu juga make duit jajan ku selama 2 taon" jawab Paijo apa adanya sambil melihat kearah sepatu barunya tersebut.

"Waduh, berarti udah jelas itu KW bro! Gue gak bisa make barang KW, kalo dipaksain nanti kaki gue bisa panuan" balas Bejo masih dengan nada sombong sambil menunjukan panu yang ada di kakinya. Katanya sih bekas make sepatu KW, tapi sebenarnya panu tersebut muncul gara-gara doi keseringan cebok pake kaki.

"Oh, gitu toh.. Lha sepatu kamu sendiri ORI atau KW?" Tanya Paijo dengan aksen jawanya. Jigong dan bau mulutnya telah menciptakan aksen jawa yang sempurna.

"Ya jelas ORI lah!!! HAHAHA... Gue belinya aja di perancis, harganya mahal! Lebih mahal dari biaya anggaran negara untuk membangun kembali Palestina!!" Jawab Bejo dengan sombong. Padahal saat Bejo membeli sepatu itu, keluarganya sampe gak makan 2 taon.


***


Dari cerita diatas, bisa disimpulkan kalo Bejo itu orangnya branded banget. Sedangkan Paijo orangnya sangat sederhana dan tidak terlalu memperhatikan barang yang dia pakai. Gue jadi prihatin sama si Bejo.

Gak hanya sepatu yang terus diperdebatkan masalah ORI atau KW-nya seperti cerita diatas. Tapi juga celana, kaos, sampai topi. Gue malah pernah liat ada topi seharga 400 rebu! Itu sama aja kayak biaya makan gue selama 1 bulan. itu gilakk!! Tandanya, kalo gue beli tuh topi gue bakal makan pasir selama sebulan. Gak cukup disitu, gue juga pernah liat kaos seharga 500 rebu! Padahal cuma kaos, tapi bisa seharga jas. Itu sudah gilakk!! Berarti, kalo gue mau beli tuh kaos, gue kudu sering-sering mangkal di taman lawang tiap malem minggu. Mending gue pake daster aje dah.

Tapi ada juga orang yang pengen tampil modis dengan menggunakan barang-barang branded. Dari ujung kepala, pinggang, pundak, lutut kaki (kok kayak lagu?) dia make barang branded semua. Gilakk!! Yaa... Mungkin duitnya banyak banget dan Mungkin juga dia mangkalnya lebih rajin daripada gue. Hehehe..

Dan, disini gue mau menyampaikan. Belilah barang sesuai dengan kebutuhan.. Jangan berlebihan, dan jangan mau dijadikan budak ditengah-tengah industri barang branded yang mahal.


Btw, bentar lagi puasa ya.. Nungguin buka puasa itu paling enak nonton TV sambil ngemil pop corn. biggrin

39 komentar

  1. ya allah tolong ... beli kw selama dua taun ngumpulin wkkkk:D

    ReplyDelete
  2. tapi harga ga boong loh. Yang ori pasti punya kualitas lebih bagus, lebih enak dipake, dan lebihtahan lama. hehe
    tapi bener banget dih, kalo duit pas-pasan mending ga usah lah pake yang branded amat. Brand yang ori lokal juga ada yang oke. kalo uda kerja, duit uda ga jadi masalah, biarin lah beli barang branded kayak apa juga. kasian dong uda kerja susah2, masa ga boleh seneng? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng? Emang make barang branded itu sebuah kesenangan??

      Gue gak pernah liat ada orang yang nangis terharu bahagia pas make barang ORI -__-

      Delete
  3. kalo gua mending pake pakaian dulu daripada mikirin kw atw enggaknya wkwkwk... tapi seringnya pake *tuttt* sih

    ReplyDelete
  4. sampe sekarang gue lebih suka barang kw di banding ori (pengakuan)

    ReplyDelete
  5. gue rasa itu hak si, duit duit dia ini biarin ajah dia makan sepatunya sendiri..

    kalo gue sendiri beli barang kw yah, no problem yg penting gak panuan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hak sih..
      Tapi jangan mau dijadikan budak ditengah2 industri branded mahal -_-

      Delete
  6. mau kw mau ori yang penting barangnya nyaman dipake ama kita yak (lha? Kita? Gw aja kali)

    ReplyDelete
  7. dih, si Bejo dlm cerita ini mengingatkan gue pada seseorang. Siapa dia? Adalah anu nicknamenya *nama disamarkan, nama aslinya yanuar*
    dia orangnya branded banget, parahnya lagi, dia bangga dan congkak dengan hal itu. Sampe suatu saat dia ultah, dia dapet kado barang yg menurut dia bukan level dia. Apa? Kaos kaki yg 10rb 3. Dan dia betenya setengah idup,-
    ih, amitamit u,u
    katanya, biar dia lebih menghargai barang KW..
    Emang dia pikir, jeroan dia branded gitu? Seragam sekolah dia juga sama, gak mungkin yg punya bahannya sutera kan?
    Yang jelas nih, bang, gue sih, gak begitu mempermasalahkan titel itu. Yang penting halal, cukup. Tapi buat orang branded yg congkak, gak setuju banget..

    ReplyDelete
  8. behehehe, iya sih kalau ada uang branded ya gapapa karena bgaimanapun bisa lebih menunjang keercayaan diri jga, tapi kalo uangnya baru ala kadarnya (kayak aku), yang pnting nyaman dipakai dan sesuai kantong aja udah bersyukur alhamdulillaaaaaah..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain nyaman dipakai, barang KW juga nyaman dikantong :D

      Delete
  9. Hahaha... Lagian kita nggak bakal tahu barang itu ori atau KW kalo belum dibilangin.

    ReplyDelete
  10. Percakapannya gokil :D
    Mending sesuaiin sama isi dompet aja dah, yg penting bisa makan enak :D

    ReplyDelete
  11. jiaaahhh............. gue kalo beli barang kayak gitu yg smpe ngerelain 2 taun ga makan mnding ga usah beli. lgian mnding make barang yg mnurut kita nyaman itu yg pling pnting. sama aja klo beli brang mahal branded tpi kga nyaman, kmna'' hrus di bwa, takut ilang

    ReplyDelete
  12. Jangan berlebihan, dan jangan mau dijadikan budak ditengah-tengah industri barang branded yang mahal. | hahaha, bener juga, barang surfing juga gitu, sandalnya kek gabus dipatok harga 2 ratusan ribu bagusan juga sandal swallow. hahaha ;D

    ReplyDelete
  13. wah...untunglah aku bukan pemburu branded.
    yg penting sesuai kantong aja deh dan aku suka, itu yg kubeli.
    tapi lucu juga ya klo pake barang merk KW trus ketauan. misalnya, tas guess palsu.

    ReplyDelete
  14. Yang penting mah, nyaman di kantong, nyaman dipakai. KW atau ori kalau yang make nggak ngerawat dengan baik sama saja bohong kan? :)

    ReplyDelete
  15. aku sih gak muluk2, kalo nemu yang aku suka dan kebetuan ada duit ya beli. urusan KW atau ORI itu belakangan. tapi suka beli yang ORI juga bukan karena mau dikata 'waaah'. tp karena yang ORI kualitasnya lebih emang lebih bagus kan? pitar2 kita ajasih dalam merawat barang hehee

    ReplyDelete
  16. Tapi mendingan beli yg mahal dgn kualitas terbaik. Jd gak cepat rusak. Drpada Beli yg KW dikit2 rusak.. Ya harus beli lagi. Sama aja kan... :D

    ReplyDelete
  17. Kalo gue sih mau KW mau ori asal nyaman + murah (hehe).
    Btw, nungguin buka puasa tuh paling enak sambil ngopi + gadoin pisang goreng. ^_^

    ReplyDelete
  18. buat apa buang2 duit beli yang branded??? niscaya Allah tidak menyukai orang2 yang boros #tiba2KesaMbetAlm.UstadJepri

    ReplyDelete
  19. Ya ampuuuun... ada yang KW ngapain juga beli yang Ori, barang ori tuh gak berlaku banget buat gue, MAHAL!!
    daripada gue beli barang ori mending gue jalan-jalan deh...

    ReplyDelete
  20. mending beli barang KW daripada ORI. bayangkan baju ORI 400ribu, baju KW cuma 40rebu. Dapet tuh baju KW 10 :D

    ReplyDelete

Please leave a comment ..

My Instagram