June 19, 2015

Stand up Comedy SHOW Kedua!


Setelah sukses dengan Stand up Comedy SHOW gue yang pertama di bulan februari 2014 lalu bareng @StandUpKabtang seperti pada postingan yang ini, kini gue tampil di Stand up Comedy SHOW bareng @TamanTawa Palembang pada 5 Juni 2015 kemaren. gak ada yang beda, cuma view dan konsepnya aja yang beda.


Show kali ini diadakan pada tanggal 5 juni 2015 jam 20:00 WIB, di Dunkin donuts demang lebar daun, Palembang. dengan harga tiket masuk sekecil 35 ribu rupiah. dengan duit segitu, penonton bakal dapet hiburan dari 5 komika Taman Tawa, donat, minuman, dan PIN BB gue bagi cewek yang cakep. #ehm

Acara Stand up Comedy SHOW ini udah direncanain dari jauh-jauh hari sama kakak-kakak @TamanTawa, Laugh Organizer yang ada di palembang (semacem management artist, tapi artistnya khusus stand up comedian). gue pun ga nyangka bakal jadi bagian dari @TamanTawa, gue direkrut pas menang lomba stand up yang pernah gue ceritain  di postingan ini.

Setelah bincang-bincang dan ngerencanain konsep, gue sebagai anak baru mendapatkan tugas mulia yang sangat berguna bagi keberlangsungan hidup Raisa dan anak-anaknya, tugas itu adalah nyebarin Poster di Kampus! *terdengar teriakan dajjal dari kejauhan*


Itulah wujud poster biadab yang udah gue desain seadanya, dan gue sebar hingga meracuni tiap sudut-sudut kampus dengan penuh birahinya. pagi-pagi gue dateng ke kampus buat nempelin tuh poster di mading utama kampus, eh siangnya malah kayak gini.

what the ...?!!
Kutu kupret! poster gue maen ditimpa aje.. kalo sampe gue ketemu sama orang yang nutupin poster gue ini, gue bakal....... minta maaf, karena ga izin dulu sebelum nempelin poster di mading kampus. huhuhu.

Sebelum hari-H dimulai, gue bareng temen-temen @TamanTawa rutin ngelakuin latihan kayak Openmic & Comedy buddy, latihan disini bukan buat nyari materi terbaik, tapi mengembangkan dan melancarkan materi-materi yang udah ada. kayak BAB yang kudu lancar.

***

Singkat cerita 5 juni telah tiba, seperti biasa, sebelum gue mulai stand up gue bakal datang lebih awal untuk menguasai tempat dan menandai tiap area dengan pipis gue. semua kru yang jumlahnya cuma 3 orang udah mulai bersiap-siap, para komika pengisi acara sibuk ngapalin materi, gue? sibuk pipisin kursi.

tampak depan

tampak kursi penonton

Kawasaki & Dunkin donuts menjadi sponsor utama acara kita pada malam hari itu. btw, kapasitas penonton pada Stand up SHOW kali ini sebanyak 120 orang, dan gak ada stage (panggung) jadi para komika stand up di depan, dan penonton duduk ngeliatin kalo bisa sambil salto. hehehe, hal ini bertujuan agar para komika lebih dekat dengan para penonton, jadi kalo gak lucu, bisa langsung diludahin.

Jam 19:30 WIB waktunya open gate, para penonton masuk dengan menukarkan tiket yang udah mereka beli lewat jalur presale, dan menukarkan donat + minuman dengan potongan tiket yang ada. btw, tiketnya udah keburu sold out malem itu, jadi ga ada yang namanya tiket OTS, para kru sibuk bolak-balik nolakin penonton yang maksa-maksa masuk tanpa tiket dan bawa bendera SLANK. gokil.

Penonton udah rame, MC nervous, komika yang laen juga nervous, gue cepirit dikit.

gak lucu BAKAR!!
Buset dah, rame bener. saking nervousnya, gue sampe gak bisa makan kalo lagi kenyang, gak bisa pipis kalo lagi gak kebelet, gak bisa kedip kalo lagi ngeliatin raisa #YaelahBro. ditambah lagi, gue jadi komika nomer 2 yang tampil. semua komika ngumpul di ruang tunggu sambil nunggu kapan nama mereka dipanggil untuk dieksekusi. keras.

Gue makin nervous karena gue inget punya tanggung jawab sebagai peghibur yang udah dibayar sama penonton, nominalnya bukan jadi masalah, tapi kepercayaannya itu loh...

ruang tunggu eksekusi
Acara udah dimulai, MC membuka dan langsung masuk ke komika pertama, pas komika pertama stand up, gue gak denger tawa penonton di ruang tunggu. mampus, penontonnya sinis semua nih kayaknya. sudah terlambat untuk menyerah, menangis dan cepirit pun tak ada guna.

Singkat cerita komika pertama udah selesei tampil dengan durasi kurang lebih 10 menit, sekarang giliran gue yang gak punya pengalaman apa-apa dalam mengendalikan emosi orang palembang mencoba untuk menghibur. terlihat beberapa penonton udah nyiapin golok dari kejauhan.

sebelum tampil foto dulu...

gaya kodok
Stand up gue pecah! sekitar 12 menit gue mencemari otak penonton, mood mereka bisa gue dapetin dengan mudah, kurang lebih dapet 7 kali applause dari penonton, menurun dari tahun kemaren yang sampe dapet standing applause. tapi malem itu rasanya lega, karena hasil latihan selama ini ternyata gak sia-sia. gue belom puas, dan masih mau nyoba lagi dan lagi. hehehe.

Gak kerasa, ngocok perut penonton bikin perut gue laper juga, kebetulan masih ada sisa makanan yang gak sempet dimakan sama komika-komika semprul yang laen karena saking nervousnya mereka, berhubung demam panggung gue udah berakhir, gue embat aja #MentalAnakKost


#GamauRugi
Gue juga nyempetin diri buat nonton penampilan komika-komika yang laen, emang gue akui, komika palembang keren-keren gak kalah sama komika @StandupKabtang. gue jadi ketagihan buat tampil stand up lagi, yang bikin gue nagih dalem stand up comedy bukan karena gue pengen bikin orang ketawa, tapi gimana gue nyeritain keresahan dan mampu dipahami sama orang laen.

Sebenernya ada banyak acara selingan selain cuma stand up, kayak pembagian doorprize, games, dll. waktu pembagian doorprize gue sempet ngegombalin satu cewek, gataunya ada cowoknya disampingnya, malu tak dapat dikelak, birahi tak dapat ditahan, gue suruh aja cowoknya pulang, eh dia malah ketawa. dia kira becanda kali ya -_- #KZL

Di akhir acara juga ada cewek yang minta foto bareng gue, tapi pas gue cek di twitter kagak ada yang ngetag foto itu ke akun @TamanTawa. gue curiga fotonya emang ga di upload, cuma di cetak terus buat ngelap ingus doang. huhuhu..


Nah, itulah pengalaman kedua gue melakukan stand up comedy bertajuk SHOW, dan menjadi pengalaman pertama SHOW di kota orang, palembang. gue jadi inget salah satu quotes di film naruto yang menjadi pedoman hidup gue selama ini.

"jangan kebanyakan makan mie instant..." - Penjual mie ramen langganan Naruto. #Ganyambung #Bodoamat #Semerdekague


Enjoy this post!

17 comments:

  1. Tjakep dah... makin cihuy banget karirnya.. ternyata udah sampe level dibayar juga tetep aja grogi ya :D

    Keren deh udah bikin petjah... bentar lagi taman safari bakalan tertarik juga ngajakin stand up~

    ReplyDelete
  2. ciiee. udah jadi artisss.. udah pake artis management segala lagi.. keren lu...
    pake di bayar itu mah kan udah artis dong yaa..

    gue baru tau kalo trnyata comic itu ngitungin tepok tangan dr penonton. gue janji dah, klo nonton stand up comey lagi gue bakal tepokin setiap dy ngomong apapun. hahaha

    ReplyDelete
  3. stand up comedy adalah salah satu cara yang paling aku sukai :D soalnya seru-seru gitu :D *gak nyambung yee*

    ReplyDelete
  4. ngerii ah, pengen gw openmic tapi masih agak takut sih :3
    ajarin dong suuhuuuu

    ReplyDelete
  5. Berhasil lu bang ngeyakinin penonton buat ketawa, itu udah hebat banget lo bagi gue. Mental lo oke juga bang

    Weh di bulan puasa gini liat dunkin perut serasa manja ya -_-

    ReplyDelete
  6. wah hebat bener lu mas bisa dapet standing apllause, keren!
    kayaknya gak sia-sia usaha latihan selama ini.
    Yang nimpa [poster lu itu kayaknya perlu dibacok pake sumpit deh, tega-teganya dia melakukan perbuatan senista itu

    ReplyDelete
  7. ngakak... itu itu itu... itulooh, posternya ngenes! Wkaakakak...
    Kasihan ya para komika, serius dibilang lagi ngelucu. Hahaha.. boleh kamu terapin ke semua cewek, gombalin tuh, kalau ketahuan ada pacarnya, pacarnya gak bakal marah.

    Btw, keren banget! Bisa dapat 7 applause. Meski mnurun, gapapa laahh.. Itu uda prestasi. Lanjutkan!

    ReplyDelete
  8. keren deh vroh. sekarang bisa standup sambil makan donat.... jadi laper kan.
    seenngaknya, walaupun nggak ada yang ngetag... tapi ada cewek yang minta foto. itu udah prestasi tersendiri kalau menurut gue. pasti bit-bit lo nampol bgt tuh yak sampe ada yang minta foto.

    ReplyDelete
  9. pengalaman yang menarik, pasti nervous banget tampil dilihat oleh banyak sekali penonton. Absurd tulisannya,, nempel di mading kampus, ternyata posternya ditiban. Aduh lihat donatnya, jadi laper, donatnya enak banget tuh pasti. Keren, berhasil menaklukkan ketegangan, yang pasti stand up comedy itu nggak mudah, dibutuhkan banyak latihan :)

    ReplyDelete
  10. sampe sekarang masih kgum sih sma anak komika. bisa ngobrol di depan org, trus bkin mereka pda ketawa gtu. asoooy bnget ya rasanya. gue pribadi masih belom pede sih buat stand up gtu, heheh.

    yah, msih aja grogi yak. tpi yakinnya sih, klo udah sering jga bakalan ilang sndiri groginya. untung aja, dpet applause yak. gue udah bayangin, seandainya lo bneran di ludahin gtu. psti bkalan memorable bnget buat lu yak. aah, seandainyaa ajaaa~

    ReplyDelete
  11. aku malah tertarik sama donatnya #salah fokus

    keren ya udah bisa manggung dari panggung ke panggung dengan modal stand up. Sekarang jadi komika banyak saingannya, kalau gak kreatif bisa kegusur hhe

    ReplyDelete
  12. Wah komika profesional nih! shownya berbayar. keren. :D
    Seneng bacanya, selama ini cuma nonton StandUp tanpa tau gimana belakang panggungnya. ternyata nerveous itu masih ada ya walaupun sering open mic. Gue baca tulisan lu komedinya juga dapet, jadi pengen nonton video lu pas standUp. Upload dong.. hahaha :D

    ReplyDelete
  13. Uhuk. Comic keren nih, uda dapet duit dari ngestandup! :D

    ReplyDelete
  14. wih keren bisa tampil dihadapan orang banyak gan
    saya udah pasti gugup dan mules tuh... malu juga

    acaranya di palembang mulu ya
    setelah ini dimana lagi mas
    siapa tahu saya bisa datang

    ReplyDelete
  15. Ketipu, ngeliat satu postingan kirain yang punya blog melankolis taunya pecah wkwk. Keren euy

    ReplyDelete

Please leave a comment ..