Ngupil Pas Puasa




Selamat menunaikan ibadah puasa gaes! Seperti yang kita ketahui, puasa itu menahan nafsu dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, yang berarti kita ga boleh makan, minum, dan stalking instagramnya Raisa pas siang bolong. Membosankan, ditambah lagi puasa kali ini bertepatan dengan membusuknya gue di dalam kamar karena liburan semester yang panjang dan gak kemana-mana #kurangpiknik  

Tapi ya namanya juga ibadah, berarti harus dijalanin dengan ikhlas dan ga boleh uring-uringan, tips biar puasa kalian menyenangkan, sambil nungguin bedug maghrib mending diisi dengan ngemilin kue nastar, dijamin puasa kalian bakal lebih menyenangkan muahaha. Btw, ternyata banyak juga loh gaes, manfaat yang kita dapet setelah berpuasa satu bulan penuh, kalo gak percaya cari aja di mbah google #malesmikir


Manfaat-manfaat itu kita dapetin karena kita merubah pola kebiasaan sehari-hari selama satu bulan lamanya, yang tadinya makan tiga kali sehari jadi dua kali sehari, yang tadinya bangun siang mulu jadi bangun subuh, yang tadinya pacaran berdua-duaan sekarang jadi bertiga, lho? Tapi, ada juga kebiasaan-kebiasaan yang udah nyaman kita lakukan tiap hari tapi harus sedikit kita tahan pas puasa, salah satunya ngupil.

Mungkin semuanya sepakat kalo ngupil sudah menjadi suatu kegiatan yang tidak bisa kita lupakan begitu saja dalam menjalani aktivitas sebagai manusia yang adil dan beradab, mengupil membantu kita dalam menjalankan kehidupan yang lebih sehat, dengan bersihnya hidung kita dari upil-upil yang nista, paru-paru kita akan lebih sehat karena menghirup udara bersih tanpa terkontaminasi radiasi dari si upil. Coba banyangin, polusi di perkotaan aja udah cukup mencemari udara kita, ditambah lagi radiasi dari upil, maka dari itu sangat dianjurkan untuk kita semua agar selalu mengupil sebelum makan nasi.

Tapi kebiasaan mengupil ini harus sedikit kita tahan selama bulan ramadhan, karena mengupil di siang bolong digadang-gadang merupakan salah satu faktor penyebab batalnya puasa, ditambah lagi kalo ngupilnya sambil makan siomay.

Upil maniac (sebutan bagi orang pecinta olahraga ekstrim ini), merasa agak risih kalo gak ngupil pas siang-siang bolong, ngerasa kayak ada yang ngeganjel pas kita menghirup udara secara perlahan, dan ngerasa kayak nelen sesuatu ketika kita menghirup udara dalem-dalem #uhuk bagaimana pun juga, mengupil merupakan sesuatu kebutuhan yang ga bisa kita abaikan begitu saja, di mesir kuno, mengupil merupakan sebuah seni mengorek idung yang ga bisa dilakukan oleh sembarang orang, itu sebabnya firaun punya tukang upilnya sendiri dan dibayar tiga kepala kambing sekali ngupilin firaun. Manteb tjoy #iniseriusloh

Di zaman modern kayak sekarang malah banyak orang yang menganggap remeh kegiatan ngupil, apalagi di bulan ramadhan, males ngupil disaat malam tiba dan ga bisa ngupil pas udah siang bolong, alhasil upilnya numpuk di lobang idung selama satu bulan, itu bahaya banget loh gaes! Upil yang menumpuk terlalu lama akan mengeras dan membentuk sebuah kerak pada lobang idung, itu bisa mempengaruhi intensitas udara yang masuk melalui hidung kita, hal itu bisa membuat kita sesak napas atau kemungkinan terburuknya adalah jomblo seumur hidup. Serem banget kan?

Diceritakan pada sebuah kisah, seorang pemuda yang tak pernah mengupil sedang berjalan keujung dunia untuk menemukan jodohnya, ia bersumpah tak akan pernah berhenti berjalan sebelum ia menemukan jodohnya meski harus keujung dunia, dan ia terus berjalan sampai hari kiamat.

Maka dari itu gaes, kita semua (khususnya kalian yang jomblo) jangan menganggap remeh kegiatan sakral yang disebut ngupil ini ya, memang di bulan ramadhan ini kita harus sedikit menahan hasrat untuk mengupil, tapi kita tetep bisa ngupil setelah waktu buka puasa tiba, jadi kalian tetep bisa melampiaskan hasrat birahi kalian untuk mengorek lubang hidung sampai kalian tidak bisa merasakan jari-jemari kalian lagi muahahaha...

Happy weekend!




7 komentar

  1. ngupil gak batak, kecuali berlebihan, misalnya lu ngupil, jari lu sampe masuk ke otak, itu batal hahaha.
    Iya buat yang jomblo juga, sering-sering ngupil, biar bisa mencium bau lawan jenis yang sesama jomblo

    ReplyDelete
  2. Haha masa sambil nunggu maghrib sambil ngemil kue nastar :p

    Bener tuh harus di kurang-kurangin ngupil di bulan puasa karena kalau kita tidak tahu tata cara ngupil maka akan membatalkan puasa :D kalau gak salah yang membatalkan nya itu melewati batas ngupil yang di anjurkan .wkwk

    ReplyDelete
  3. sedih ya, puasa nggak boleh stalking instagramnya raisa. terlalu manis sih yak, takut batal. bener tuh, ngupil adalah kegiatan sakral. tanpa ngupil, akan banyak debu kering yang hinggap di hidung dan kita tidak bisa bernapas lalu meninggal begitu saja,

    ReplyDelete
  4. oh ya ngupil memicu batalnya puasa? aku baru tahu, sumpah! dan bagian membusuknya lo itu gua ngakak, anjir! bener bnget itu, aku sedikit bersyukur karena puasa ini bertepatan dengan uas, jadi ya, lumayan lah ada kegiatan. iya bolak balik kampus kosan sampe magrib/ daripada di rumah kerjaan aku pasti tidur sepanjang hari. bagaimanapun aku merasa di kosan magrib lebih cepet daripada di rumah.

    ReplyDelete
  5. Kasian itu pemuda yang nggak pernah mengupil, pasti hidungnya buntu apalagi upil yang sudah lama gitu kan keras. Jomblo dunia dan akhirat deh. Hiii...

    Btw polusi di udara jadi sumber terbentuknya upil lho. Kalau mau biar nggak upilan jadi pemerintah aja terus bikin peraturan dilarang mempunyai kendaraan bermotor dan mendirikan pabrik.

    ReplyDelete
  6. Emang tradisi ngupil berasal dari jaman mesir kuno? *mikir keras

    Emang upil bikin udara yang masuk ke paru paru kita terkontaminasi radiasi dari upil? *mikir makin keras

    Kan upil baik buat paru-paru kita. *lalu belain si upil

    Selamat menumpuk untuk para upil upil di hidung seluruh umat di bulan puasa ini ya. Khusus siang hari aja tapinya.

    ReplyDelete
  7. Jadi kalau ngupil bikin batal puasa? Ya ampun baru tau, mana gua upil maniac lagi, paling ga bisa kalau ada upil dikit aja, bawaannya pengen dibuang, ga betah. Kalau nunggu maghrib cuma buat ngupil, kayanya pernapasan tidak bisa berjalan dengan baik deh.

    ReplyDelete

Please leave a comment ..

My Instagram