Koin-Koin Sakti



Waktu SMA pas masih jadi anak kost di tangerang, gue demen banget ngumpulin duit receh bekas kembalian di supermarket. Biasanya sih harga barang-barang yang dijual di supermarket itu nanggung-nanggung semua, misalnya ada susu yang harga aslinya 6000, dijualnya 5800, dan ketika si kasir males nyari duit 200 perak, doi pasti nanya kembaliannya mau disumbangin gak, gue jawab dengan ketulusan hati yang palng dalam “Gak”, dan si kasir sibuk ngubek-ngubek mesin kasir buat nyari duit 200 perak #MentalAnakKost #GakMauRugi

Lumayan sih, sisa-sisa kembalian 200 perak, kadang bagi anak kost satu koin 200 perak bakal sangat begitu berarti bagi keberlangsungan hidup di akhir bulan. Makanya itu, gue demen banget ngumpulin koin-koin receh buat jaga-jaga di akhir bulan, walaupun harus nebelin muka pas belanja pake koin-koin kampret itu, huhuhu.

Kebiasaan ngumpulin koin-koin itu berlanjut sampe sekarang, tapi bedanya koin-koin yang udah gue kumpulin sekarang jarang banget gue pake belanja, paling-paling di pake nyokap buat beli bumbu-bumbu dapur.

***

Seru aja sih bikin celengan dari toples bekas sosis instant yang dikasih lubang dibagian atasnya, kalo ada kebutuhan yang mendesak ya tinggal buka aja toplesnya kayak mau makan sosis. Tentu cuma duit koin yang bisa masuk di toples ajaib gue itu, duit kertas masuk dompet, hehehe. Alhasil, celengan abal-abal gue pernah berat banget dipenuhi sama koin-koin yang malang.

“walau bagaimanapun juga, uang tetaplah uang”, kurang lebih kayak gitu kutipan kalimat di salah satu anime yang menginspirasi gue buat ngumpulin koin, tapi ga semua orang berpikiran kayak gitu. Waktu itu gue pernah beli pulsa 50rebu pake duit koin yang udah gue kumpulin, reaksi pertama mbak-mbak konternya sih sumringah, soalnya ada yang khilaf beli pulsa sama dia. Ekspresinya berubah pas gue ngeluarin bungkusan plastik yang isinya duit koin dari dalem tas.

“apa ini, mas?”

Si mbak-mbaknya langsung reflek nanya kayak gitu pas ngeliat gue ngeluarin koin-koin sakti gue, ekspresinya sama kayak ekspresi orang yang lagi nahan berak. Alhasil, dia manggil dua temennya yang lain buat ngebantuin dia ngitungin koin-koin biadab itu. Gue? Merhatiin mereka sambil senyum-senyum.


By the way, belakangan ini gue baru tau kalo di supermarket bisa nuker duit-duit koin dengan duit kertas, malahan mereka seneng banget, soalnya gue pernah nuker duit koin di supermarket dan kasirnya bilang “dengan senang hati, mas”

Tapi ekspresinya kayak orang yang lagi nahan berak.



4 komentar

  1. Kalok di bank ku sik ada yang ngerjain nuker koin sampek satu plastik! Huahahah. Pengen aku tampol rasanya! Tapi sebagai karyawan yang baik, gak boleh nolak dong..

    Sama nih, recehan yang aku kumpulin mayan bisa buat makan seminggu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh. jangan-jangan itu aku.. hahaha.. soalnya aku suka ngumpulin koin nanti kalo dah sekaleng aku tuker ke bank... sekarang supir mikrolet kejammm.. mereka nggak mau terima duit koin soalnya. jadi otomatis duit koin susah dipake emang.

      Delete
  2. tahekkkkkk koin bisa bikin kaya :P kaya monyet

    ReplyDelete

Please leave a comment ..

My Instagram